Terima kasih sebelumnya buat my bro Arna selaku admin pada blog ini karena telah mempercayai saya untuk berkontribusi pada blog ini sebagai penulis.
pada postingan pertama saya, saya akan mencoba mengulas tentang sejarah perkembangan alat musik gitar..
Artikel ini akan bercerita tentang sejarah yang diketahui tentang instrumen gitar sebelum tahun 1650. Disebut yang diketahui karena banyak evolusi tentang instrumen ini tidak diketahui tetapi hanya diambil dari gambar-gambar, pahatan dan lain-lainnya.
Alat musik Lute dari Eropa akan menjadi awalnya. Alat musik ini dikembangkan dari alat musik Arab yang bernama Oud dan memiliki antara 12 sampai 24 senar dimana alat musik ini dimainkan dengan memetik sepasang senar untuk 1 nada (seperti Anda memainkan gitar 12-senar). Senarnya dibuat dari catgut (sheep intestine) dan fretnya dibuat dari catgut yang diikat di seputar fingerboard/neck dengan beberapa fret dari kayu atau gading yang dilekatkan pada ujung atas soundboardnya. Fret dan soundboard memiliki ketinggian yang sama, berbeda dengan fret gitar jaman modern yang pada umumya lebih tinggi dari soundboardnya dan banyak inlay nya yang merupakan ornamen-ornamen. Bentuk instrumen ini menyerupai buah pir dan dibulatkan belakangnya seperti setengah bentuk buah melon. Bridge nya tidak memiliki saddle dan tuning head nya mirip dengan biola.
Theorbo merupakan variasi dari lute dengan beberapa extra senar. Perbedaannya dengan lute adalah bahwa Theorbo memiliki senar extra seperti tersebut diatas dan tuning head yang sejajar dengan necknya, dimana tuning head untuk lute mirip dengan biola. Nada-nadanya mencakup nada bass-bariton.
Arch lute merupakan instrumen yang mirip dengan lute tetapi Arch lute lebih condong ke arah melodi daripada lute.
Lute biasa distem dengan nada-nada tinggi. Jika gitar jaman sekarang distem di E, lute distem di A yang merupakan dua setengah nada lebih tinggi daripada E.
Lute bisa distem dan dimainkan sama dengan gitar (finger picking atau pick). Ini dinamakan new tuning. Bisa juga pasangan senar yang ketiga dari lute distem turun setengah nada dari new tuning. Steman untuk lute juga tidak distandardisasi sebelum pertengahan tahun 1700an. Para pemain bisa menyetemnya sesuai dengan kemauan mereka. Jadi tidak harus distem di A.
Lute sendiri bukan merupakan nenek moyang langsung dari gitar, tetapi merupakan satu dari pendahulunya. Yang penting disini adalah bahwa lute memberikan kontribusi besar kepada perkembangan gitar sampai kepada bentuknya yang sekarang ini. Dan di Spanyol, dimana gitar benar-benar dikembangkan, lute sering disamakan dengan moor yang menyebabkan lute tidak begitu populer.
Instrumen lain yang tidak kalah kontribusinya dalam perkembangan gitar adalah instrumen Cittern. Instrumen ini juga berbentuk menyerupai buah pir dengan bagian belakang yang rata, dengan empat atau lima pasang senar dari kawat dan dengan fretting yang permanen apakah itu diatonik seperti Appalachian Dulcimer ataupun chromatic seperti gitar modern. Tuning head sudah dipasang mirip seperti pada gitar atau mandolin. Stemannya sama dengan mandolin (in fifths) dengan fingering dan chord yang sama dan dimainkan dengan plectrum atau pick.
Guitarra Moresca merupakan instrumen dengan 4 pasang senar dengan bentuk oval menyerupai telur dan fretboardnya dilapisi dengan kulit seperti pada banjo. Popularitas instrumen ini adalah pada abad ke-13.
Guitarra Latina juga merupakan instrumen dengan 3 atau 4 pasang senar dengan bentuk body yang kecil menyerupai ukulele bariton dan gitar parlor. Instrumen ini cukup populer di abad ke-13. Fretboard nya dibuat dari kayu tetapi sisanya menyerupai Guitarra Moresca.
Guittern merupakan instrumen dengan 5 pasang senar dan dimainkan dengan fingerpicking atau pick. Bentuknya bervariasi tetapi yang paling umum adalah seperti bentuk biola dan mempunyai bridge dan tailpiece yang bisa digerakkan untuk mengencangkan senar, walaupun kadangkala senar dikencangkan di bridge yang tanpa saddle. Setiap pasang senar distem menurut unison tapi kadang-kadang disetem secara oktaf.
Chittarra Battente adalah instrumen yang menggunakan senar kawat dan mempunyai soundboard yang sudutnya dibuat ke belakang body. Populer di tahun 1500an dan menggunakan fret permanen dari besi.
Bandora merupakan variasi dari cittern dengan bagian body belakang yang rata dan berbentuk mirip dengan A-Style mandolin.
Vihuela De Mano berasal dari Spanyol dan merupakan instrumen dengan enam pasang senar. Bodynya cukup besar seperti gitar klasik jaman sekarang dan mempunyai beberapa lubang suara di atasnya. Instrumen ini menggunakan fixed bridge dan kemungkinan merupakan nenek moyang langsung dari gitar 12 senar USA yang masuk ke Amerika Utara melalui Mexico, Texas dan Louisiana.
Four Course Guitar memiliki 4 pasang senar, body berbentuk gitar dan soundboard yang rata, bridge dari lute dan bagian belakang dibuat setengah melengkung tetapi tidak terlalu membentuk bulatan. Instrumen ini berukuran seperti gitar anak-anak.
Five Course Guitar muncul sekitar tahun 1490 dan mirip dengan four course guitar dengan tambahan satu pasang senar bass. Instrumen ini dinamakan juga English Guitar.
Baroque Guitar muncul pada awal abad ke-17. Gitar ini menggunakan senar nilon, mempunyai body yang panjang dan slim dengan bagian atas dan bawah yang sama besarnya. Tuning headnya dibuat dari kayu dan dipasang seperti pada gitar klasik. Fretnya apakah terbuat dari kayu, metal ataupun gading adalah permanen.
Semua instrumen yang tersebut diatas kebanyakan mempunyai fingerboard yang sama tingginya dengan soundboardnya. Fingerboard yang dinaikkan seperti sekarang ini belum ada sampai dengan adanya Parlor Guitars.
Six String Guitar gitar yang sebenarnya, belum berkembang sampai dengan tahun 1750.
Parlor Guitars sangat mirip dengan Baroque Guitar dengan perkecualian bahwa tuning untuk Parlor Guitars biasanta lebih mekanikal. Kira-kira setelah 1820, bagian bawah body dibuat lebih besar dari bagian atasnya. Gitar ini mirip dengan Washburn tahun 1887.
Gitar klasik modern yang kita lihat sekarang ini belum berkembang sampai tahun 1840 di Spanyol.
Alat musik Lute dari Eropa akan menjadi awalnya. Alat musik ini dikembangkan dari alat musik Arab yang bernama Oud dan memiliki antara 12 sampai 24 senar dimana alat musik ini dimainkan dengan memetik sepasang senar untuk 1 nada (seperti Anda memainkan gitar 12-senar). Senarnya dibuat dari catgut (sheep intestine) dan fretnya dibuat dari catgut yang diikat di seputar fingerboard/neck dengan beberapa fret dari kayu atau gading yang dilekatkan pada ujung atas soundboardnya. Fret dan soundboard memiliki ketinggian yang sama, berbeda dengan fret gitar jaman modern yang pada umumya lebih tinggi dari soundboardnya dan banyak inlay nya yang merupakan ornamen-ornamen. Bentuk instrumen ini menyerupai buah pir dan dibulatkan belakangnya seperti setengah bentuk buah melon. Bridge nya tidak memiliki saddle dan tuning head nya mirip dengan biola.
Theorbo merupakan variasi dari lute dengan beberapa extra senar. Perbedaannya dengan lute adalah bahwa Theorbo memiliki senar extra seperti tersebut diatas dan tuning head yang sejajar dengan necknya, dimana tuning head untuk lute mirip dengan biola. Nada-nadanya mencakup nada bass-bariton.
Arch lute merupakan instrumen yang mirip dengan lute tetapi Arch lute lebih condong ke arah melodi daripada lute.
Lute biasa distem dengan nada-nada tinggi. Jika gitar jaman sekarang distem di E, lute distem di A yang merupakan dua setengah nada lebih tinggi daripada E.
Lute bisa distem dan dimainkan sama dengan gitar (finger picking atau pick). Ini dinamakan new tuning. Bisa juga pasangan senar yang ketiga dari lute distem turun setengah nada dari new tuning. Steman untuk lute juga tidak distandardisasi sebelum pertengahan tahun 1700an. Para pemain bisa menyetemnya sesuai dengan kemauan mereka. Jadi tidak harus distem di A.
Lute sendiri bukan merupakan nenek moyang langsung dari gitar, tetapi merupakan satu dari pendahulunya. Yang penting disini adalah bahwa lute memberikan kontribusi besar kepada perkembangan gitar sampai kepada bentuknya yang sekarang ini. Dan di Spanyol, dimana gitar benar-benar dikembangkan, lute sering disamakan dengan moor yang menyebabkan lute tidak begitu populer.
Instrumen lain yang tidak kalah kontribusinya dalam perkembangan gitar adalah instrumen Cittern. Instrumen ini juga berbentuk menyerupai buah pir dengan bagian belakang yang rata, dengan empat atau lima pasang senar dari kawat dan dengan fretting yang permanen apakah itu diatonik seperti Appalachian Dulcimer ataupun chromatic seperti gitar modern. Tuning head sudah dipasang mirip seperti pada gitar atau mandolin. Stemannya sama dengan mandolin (in fifths) dengan fingering dan chord yang sama dan dimainkan dengan plectrum atau pick.
Guitarra Moresca merupakan instrumen dengan 4 pasang senar dengan bentuk oval menyerupai telur dan fretboardnya dilapisi dengan kulit seperti pada banjo. Popularitas instrumen ini adalah pada abad ke-13.
Guitarra Latina juga merupakan instrumen dengan 3 atau 4 pasang senar dengan bentuk body yang kecil menyerupai ukulele bariton dan gitar parlor. Instrumen ini cukup populer di abad ke-13. Fretboard nya dibuat dari kayu tetapi sisanya menyerupai Guitarra Moresca.
Guittern merupakan instrumen dengan 5 pasang senar dan dimainkan dengan fingerpicking atau pick. Bentuknya bervariasi tetapi yang paling umum adalah seperti bentuk biola dan mempunyai bridge dan tailpiece yang bisa digerakkan untuk mengencangkan senar, walaupun kadangkala senar dikencangkan di bridge yang tanpa saddle. Setiap pasang senar distem menurut unison tapi kadang-kadang disetem secara oktaf.
Chittarra Battente adalah instrumen yang menggunakan senar kawat dan mempunyai soundboard yang sudutnya dibuat ke belakang body. Populer di tahun 1500an dan menggunakan fret permanen dari besi.
Bandora merupakan variasi dari cittern dengan bagian body belakang yang rata dan berbentuk mirip dengan A-Style mandolin.
Vihuela De Mano berasal dari Spanyol dan merupakan instrumen dengan enam pasang senar. Bodynya cukup besar seperti gitar klasik jaman sekarang dan mempunyai beberapa lubang suara di atasnya. Instrumen ini menggunakan fixed bridge dan kemungkinan merupakan nenek moyang langsung dari gitar 12 senar USA yang masuk ke Amerika Utara melalui Mexico, Texas dan Louisiana.
Four Course Guitar memiliki 4 pasang senar, body berbentuk gitar dan soundboard yang rata, bridge dari lute dan bagian belakang dibuat setengah melengkung tetapi tidak terlalu membentuk bulatan. Instrumen ini berukuran seperti gitar anak-anak.
Five Course Guitar muncul sekitar tahun 1490 dan mirip dengan four course guitar dengan tambahan satu pasang senar bass. Instrumen ini dinamakan juga English Guitar.
Baroque Guitar muncul pada awal abad ke-17. Gitar ini menggunakan senar nilon, mempunyai body yang panjang dan slim dengan bagian atas dan bawah yang sama besarnya. Tuning headnya dibuat dari kayu dan dipasang seperti pada gitar klasik. Fretnya apakah terbuat dari kayu, metal ataupun gading adalah permanen.
Semua instrumen yang tersebut diatas kebanyakan mempunyai fingerboard yang sama tingginya dengan soundboardnya. Fingerboard yang dinaikkan seperti sekarang ini belum ada sampai dengan adanya Parlor Guitars.
Six String Guitar gitar yang sebenarnya, belum berkembang sampai dengan tahun 1750.
Parlor Guitars sangat mirip dengan Baroque Guitar dengan perkecualian bahwa tuning untuk Parlor Guitars biasanta lebih mekanikal. Kira-kira setelah 1820, bagian bawah body dibuat lebih besar dari bagian atasnya. Gitar ini mirip dengan Washburn tahun 1887.
Gitar klasik modern yang kita lihat sekarang ini belum berkembang sampai tahun 1840 di Spanyol.
Introduction
Gitar
adalah alat musik petik yang terbuat dari kayu dengan beberapa bagian
dari logam / Metal dan terdapat 6 tali / senar untuk dimainkan. Bagian
atas dan bawah dari badan gitar berbentuk angka 8. 6 senar terikat pada Pegs atau pemutar senar yang ditarik sepanjang badan gitar. Pegs / pemutar senar digunakan untuk Tuning.
Instrumen ini sangat dikenal. Hanya dengan memetik senarnya, orang
orang langsung bergabung bersama. Pada sebuah pesta anda bisa bermain
gitar untuk bernyanyi dan berdansa. Disaat sendiri suara yang dihasilkan
bagai sebuah Orchestra kecil.
Suara
gitar mempunyai sifat romantis. Oleh karenanya, lagu “Romansa” paling
cocok bila dibawakan dengan gitar. Selain gitar-gitar tradisional, maka
ada beberapa jenis gitar lainnya. Misalnya gitar Hawaiian yang
menggunakan sistim slide; kemudian ada gitar yang menggunakan dawai
nylon (gitar klasik dan gitar folk), serta ada pula yang menggunakan
dawai logam (steel guitar).
A. Sejarah Gitar
Keaslian gitar tidak dapat dilihat dari keantikannya. Beberapa ahli merasa alat ini berasal dari benua Afrika, dimana banyak Replika modern dalam bentuk kotak bulat
seperti kulit kerang dengan Gut / benang benang sutera, di banyak daerah benua itu. Ahli lain menemukan alat ini dalam bentuk kaca di relief relief batu tua di zaman Asia Tengah dan Asia Kuno. Bahan pemikiran lain juga timbul dengan ditemukannya vas vas Yunani Kuno yang bercorak. Greek Strings mungkin adalah alat pertama yang dikatagorikan sebagai gitar. Gitar modern kemungkinan berakar dari gitar Spanyol, tetapi berbagai jenis gitar seperti instrumen instrumen yang kita bisa saksikan dilukisan lukisan pada zaman Medieval dan Renaiassance yang banyak terdapat diseluruh Eropa. Berikut ini adalah tempat tempat bersejarah ditemukannya gitar dari zaman Medieval sampai abad ke-20, berdasarkan sejarah dan perkembangannya.
1265 Juan Gil dari Zamora menyatakan sejarah awal gitar dimulai dari “Ars Musica”.
1283 –1350 Guitarra Latina dan Guitar Moresca terdapat pada puisi “Archpriest of Hita”.
1306 Seorang pemain gitar bermain pada sebuah tempat religius (The Feast of Westminister) di negara Inggris.
1487 Johannes Tinctoris berpendapat bahwa instrumen gitar ditemukan oleh bangsa Catalans.
1546 Alonso Mudarra menciptakan komposisi “Tres Libros de Musica en Cifras Para Vihuela” yang melibatkan gitar didalamnya.
1551 – 1555 Sembilan buku tablatur gitar diterbitkan oleh Adrian Le Roy.
1600 – 1650 Berbagai jenis tablatur untuk gitar dipublikasikan. Popularitasnya mulai menyaingi Lute (sejenis instrumen gitar juga).
1674 Buku “Guitarre Royal” yang diterbitkan oleh F. Corbetta yang menaikkan popularitas dari gitar. Buku ini didedikasikan kepada Raja Louis XIV.
1770 – 1800 Senar ke 6 ditambahkan pada gitar dan semuanya menjadi Single String.
1800 – 1850 Gitar mengalami puncak kepopulerannya dalam hal penampilan dan publikasi. Fernando Sor, Mauro Guiliani, Matteo Carcassi dan Dioniso Aguado adalah para komposer terkenal yang menulis, mengajarkan dan menerbitkan komposisi mereka.
1850 – 1892 Seorang produsen gitar Manual Torres mengembangkan generasi yang kita ketahui sekarang ini.
1916 Segovia mengadakan konser di Ateneo, yang merupakan gedung konser yang paling terkenal di Madrid pada saat itu. Sebelumnya instrumen gitar dikenal belum bisa ditampilkan pada even sebesar ini.
I. Perkembangan gitar di Timur dalam kuno
Dipercayakan
bahwa sejarah gitar berasal dari belahan Timur Dalam. Disana para
archeolog menemukan instrumen dan benda benda yang bersangkutan
dengannya sebagai patokan dalam dunia asalnya gitar yang belum begitu
dikenal. Diantara benda benda bersejarah yang ditemukan di Babylonia, yang paling relevan adalah Plaques
yang terbuat dari tanah liat (1900-1800 B.C.), dimana diperlihatkan
sosok sosok bugil yang sedang bermain instrumen instrumen musik.
Beberapa dari instrumen instrumen itu mempunyai persamaan umum yang
mirip dengan gitar. Analisa lebih lanjut membuktikan bahwa ada perbedaan
antara body dan neck gitar. Bagian
belakang dari gitar itu sangat datar; dimana bagian belakang gitar
tersebut menempel pada dada seorang pastur. Ini cukup membuktikan bahwa
tidak ada kemungkinan instrumen tersebut berbentuk Bowl-Shaped
/ mangkuk. Sangat jelas terlihat bahwa tangan kanan sedang memetik
senar / tali tali. Sayangnya jumlah senar senar tersebut tidak terlihat
jelas.
Tetapi di Plaques lainnya terdapat sedikitnya ada 2 senar. Bukti bukti dari instrumen instrumen yang menyerupai gitar telah terlihat; Syria, Susa (sebuah kota kuno di Utara Teluk Persia : ibukota dari kerajaan Persia).
II. Mesir dan Romawi
Pada awalnya, satu satunya instrumen musik yang bersenar di Mesir adalah Harpa yang berbentuk busur / Bow-Shaped. Beberapa lama kemudian, instrumen yang mempunyai leher yang ditandai dengan Frets, dan mungkin terbuat dari benang benang sutera / Gut
yang digantungkan dileher. Pada akhirnya beberapa bagian dan
karakteristik yang akan menjadi sebuah instrumen yang berhubungan dengan
gitar dan juga semua instrumen instrumen bersenar yang mempunyai leher,
dengan metode memetik dan menundukan kepala. Perkembangan selanjutnya
membuat instrumen ini lebih menyamai bentuk gitar.
Instrumen
instrumen dari zaman Romawi (30 B.C – 40 A.D) semuanya terbuat dari
kayu yang sebelumnya terbuat dari kulit kambing. Instrumen ini memiliki 5
bagian lubang suara yang kecil. Ciri ciri ini berlaku sampai abad 16.
Sebuah instrumen ditemukan dikuburan Coptic di Mesir,
dimana diperlihatkan bentuk dasar gitar, terdapat lekukan lekukan yang
cukup dalam pada kurva kurva disampingnya dengan bagian belakang yang
sangat mendatar. Permukaan depan dan belakangnya disatukan oleh potongan
potongan kayu yang membentuk bagian samping instrumen ini. Ciri khas
ini dapat ditemukan sampai sekarang.
III. Pertengahan Abad di Eropa
Instrumen
pertama eropa yang bersenar dimulai pada abad 3 A.D. Analisa dari abad
ke 3 membuktikan bahwa instrumen ini mempunyai kotak suara yang bulat
menyambung ke leher yang lebar. Instrumen tipe ini berlanjut digunakan
sampai masa yang lama. Ada juga deskripsi instrumen lainnya bermula di Zaman Dinasti Carolingian yang mungkin berasal dari Perancis atau Jerman.
Instrumen dari Carolingian
ini berbentuk persegi empat, kira kira mempunyai panjang yang sama
dengan lehernya, ujung lehernya sedikit melebar dan mempunyai pengikat
senar senar yang kecil / Small Pegs. Dalam ilustrasi lainnya, instrumen instrumen ini mempunyai 4 Pegs dan 5 Pegs diinstrumen lainnya. Jumlah senar senar ini bersamaan dan dipetik dengan 2 cara : Dengan jari atau menggunakan Plectrum / alat pemetik senar. Instrumen Carolingian ini tidak berubah sampai abad 14.
Guitarra Latina dan Guitarra Moresca
Ada perbedaan antara Guitarra Latina
dan Guitarra Morisca. kata Morisca dibawa oleh orang orang keturunan
Arab. kotak suaranya berbentuk oval dan mempunyai banyak lubang suara.
Pada waktu perjalanannya melewati mesir, sebagian besar orang dari
Afrika dan Spanyol menyebarkan ciri ciri utama dari desain gitar ini
kepada pembuat instrumen instrumen di Eropa Barat. Kemungkinan yang sama
adalah bahwa gitar Spanyol yang pertama adalah buatan Eropa. Hanya yang
pasti yaitu pengaruh Arab di Spanyol merupakan awal dari munculnya
gitar.
The
Guitarra Latina mempunyai sisi yang melengkung, yang diperkirakan
datang ke Spanyol dari beberapa negara di Eropa. Bentuk tersebut adalah
tipe yang dikembangkan menjadi gitar modern.
Pencapaian kesuksesan gitar ada hubungannya dengan sifat sifat para pengembara suku Troubadours. Dalam perjalanan gitar menuju Catalonia
melewati Spanyol melalui suku Troubadours. Suku Troubadours dibagian
Eropa mengadakan wisata dan pertunjukan, serta memperkaya kebudayaan
musik secara luas dan memberikan pengaruh besar dalam menyebarluaskan
gitar di benua ini.
IV. Abad ke-16
Sampai
pada abad pertengahan informasi informasi yang penting mengenai gitar
dan silsilahnya telah dilukiskan dalam angka angka dan gambar pada
relief relief. Itu menjadi sebuah keyakinan atas fakta yang tidak
langsung dan tidak dapat dihindarkan. Dimulai pada abad ke 16, bentuk
instrumen instrumen yang ada sekarang ini merupakan fakta fakta
langsung. Gitar gitar pada abad 16 didistribusikan sebagai The Vihuela
dari zaman Luis Milan, Rizzio Guitar dari Perancis dan Guitarra Battente
dari Italia.
The Vihuela
The Vihuela berasal dari Spanyol, dimana instrumen ini merupakan 4 Vihuela kecil yang disatukan dan bersenar 5 Guitarra. Pada waktu yang sama munculah alat baru yaitu Lute.
Instrumen yang digemari oleh kaum bangsawan dihampir seluruh daratan
Eropa. Spanyol adalah pengecualian khusus. Lute juga telah menjadi satu
dengan orang orang keturunan Arab yang menentukan aturan aturan main
sendiri. Karena demikian kaum bangsawan merasa terhina karena instrumen
tersebut juga digunakan oleh bangsa pendatang. Kemudian kaum bangsawan
mempopulerkan Guitarra dengan 4 senar yang sama / Double-Strings.
Seiring dengan perkembangannya, gitar dengan 4 senar itu diperbesar dan
diberikan 6 senar yang sama / Double-Strings.
Aturan permainannya sama dan dengan pengecualian dari senar ke tiganya,
yang tone-nya turun setengah. Salah satu pemain Vihuela yang terkenal
adalah Luis Milan, lahir pada tahun 1500.
Pada tahun 1535 Luis Milan menerbitkan sebuah buku yang berjudul Libro de Musica de Vihuela de Mano Intitulalo “El Maestro”. Buku ini merupakan karya yang terpenting bagi Milan.
Data terakhir Vihuela tahun 1700 yang mewakili akhirnya perkembangan
pentas instrumen. Instrumen ini terbuat dari ukiran logam, Vihuela
memiliki lengkungan sepanjang sisi yang dalam dan lubang suaranya
berbentuk oval. Kepopularitasan instrumen ini adalah bukti dari
kuantitas musik yang masih ada. Tertulis dalam tablatur instrumen ini,
setiap baris mewakili senar dan pada tablatur Spanyol dan Italia, senar
teratas mewakili senar yang paling dalam. Sementara di Inggris dan
Perancis senar senar Vihuelanya pada tablatur, nilai not-nya menunjukan
bermacam macam tipe not dan berada dibaris paling atas. Macam macam not
ini mirip dengan not yang ada saat ini.
Pertama kali dipublikasikan karya tablatur Vihuela Spanyol oleh Luis de Milan tahun 1535, Luis de Narvaez tahun 1538, Alonso de Mudarra tahun 1546. Koleksi Tablatur ini terdiri dari komposisi instrumen terbaik pada zaman Renaissance pada abad 16, yaitu masa keemasan bagi musik Vihuela Spanyol.
Gitar 4 Senar
Gitar
4 senar asalnya dari Mesir, salah satunya datang dari eropa dan
mengalami banyak perubahan bentuk serta bervariasi; bersenar 3, 4 dan 5
senar. Gitar bersenar ini paling populer sampai akhir abad pertengahan.
Gitar 4 senar di Italia mempunyai nada G, C, E, A. Dan berbeda di Spanyol notasi nadanya adalah G, D, F#, B.
Gitar 5 Senar
Dipertengahan
Zaman, eksistensi gitar bersenar 3, 4, dan 5 secara bersamaan mulai
terlihat. Pada abad 15, instrumen dengan senar 4 double-strings melejit
popularitasnya. Gitar 5 senar double-strings yang pertama ditemukan pada
sebuah ukiran di Italia. Sebutan dan jenis dari gitar 5 senar ini
adalah Guitarra Battente yang mempunyai ciri khas bagian belakangnya melengkung keluar.
Tuning untuk instrumen ini adalah A, D, G, B, E.
V. Abad ke-17
Raja
Louis XIV dari Perancis dapat memainkan gitar dan mengakuinya gitar
sebagai instrumen favoritnya. Guru beliau adalah salah satu pemain gitar
Perancis yang terkenal; Robert de Visee (1650-1725). Jean Baptise Lully
adalah seorang komposer yang terkenal pada saat itu. Dia memainkan
gitar dan mengkomposisikan musik untuk instrumen tersebut.
Nama
nama dari pemain gitar dalam masa Baroque di Perancis telah tercatat
dalam sejarah, contohnya Rene Voboam yang mewakili puncak pembuatan
instrumen Perancis di abad 17. Dia membuat gitar pada tahun 1641 yang
memperlihatkan pembuatan instrumen gitar yang lebih beronamen. Alexandre
Voboam dan anaknya Jean juga membuat gitar yang bernuansa abad ke-17.
VI. Pengaruh di Jerman
Di Eropa Utara tepatnya di Jerman, instrumen gitar mencapai puncak popularitasnya; Heinrich Schutz (1585-1672), Samuel Scheidt (1587-1654) dan Johann Hermann Schein (1586-1630). Contoh dari sebuah gitar pertama Jerman yang masih eksis sampai hari ini dibuat oleh Jacobus Stadler
pada tahun 1624. Ia mempunyai lengkungan yang khas dan bagian
belakangnya polos dan juga memperlihatkan pengaruh besar desain Itali.
Sebuah gitar abad 17 yang dibuat oleh seorang pendeta, John dari Apsom mempunyai desain yang sangat berbeda dari gitar lainnya. Bagian belakang gitar ini dihiasi dengan gambar gambar “Crucifixion”.
Pembuat gitar eropa yang paling menonjol adalah Joachim Tielke dari Hamburg (1641-1719).
Gitar buatannya dihiasi oleh bahan bahan ivory, tortoise shell, ebony,
gold dan silver, mother-of-pearl, jarcanda wood. Hasil karyanya selalu
mempunyai kualitas tertinggi dan konsisten. Bagian sampingnya terdapat
hasil karyanya yang terbuat dari ivory dengan ukiran gambar Genesis.
VII. Pengaruh di Eropa Timur
Di Cekoslovakia, Czech ‘Luthier’ mencoba untuk beradaptasi dengan gitar tipe Battente. Selain adanya 5 double-strings seperti gitar Battente yang asli, gitar Czech ada tambahan satu single-string yang digunakan untuk memainkan ‘Melodic Line’. Gitar gitar yang dibuat oleh Andrees Ott, seorang pakar pembuat instrumen dari Prague memperlihatkan pengaruh dari Italia.
Sejarah gitar Polandia diwakili oleh Jakob Kremberg, penyair, penyanyi, dan komposer dari Warsaw. Pentingnya hasil karya Kremberg
juga memberikan kita informasi yang penting mengenai tuning instrumen
gitar, adalah 1 tone lebih rendah daripada tuning dari instrumen
instrumen masa kini.
VIII. Spanyol dan Portugal
Salah satu gitaris yang prominent pada waktu itu adalah Francisco Corbera. Ia mendedikasikan hasil karyanya yang bernama Guitarra y sus differencias de sonos untuk Philip IV, raja Spanyol dari tahun 1621 sampai 1665. Tetapi gitaris Perancis yang paling menonjol di abad 17 adalah Gasper Sanz.
Sanz
mempelajari gitar di Italia dan juga organ dan sejarah musik. Dia
menjadi organisator di King’s Chaples di Naples. Pada saat dia kembali
ke Spanyol, dia menerbitkan 3 buku musik mengenai gitar di tahun 1674,
1675 dan 1697. Buku buku ini memuat ajaran ajarannya yang ekstensif
dalam improvisasi dan performa, dengan menggunakan 2 metode main :
Strumming dan Plucking. Dia percaya tehnik Strumming sangat cocok untuk
musik dansa. Tuning yang digunakan adalah A, D, G, B, E.
IX. Pengaruh di Italia
Faktor utama yang mempopulerkan gitar di Italia dan yang memperkaya literatur gitar adalah diperkenalkannya gaya petik gitar dari Spanyol. Karena itu gitar Di Italia juga dikenal sebagai Chitaria Spagnuola. Gaya
petik diwariskan dari tehnik Vihuela yang diadaptasikan oleh orang
orang Spanyol untuk gitar mereka. Chitaria Spagnuola adalah tehnik umum
pada abad 17 dan pemakaian “Spanish Guitar” berlanjut sampai hari ini
sebagai lanjutan pemakaiannya dari abad 17.
Dua
tehnik permainan gitar ini sangat berbeda pada tehnik Strumming dan
Plucking dan eksis bersamaan di Italia pada abad 17. Tehnik petik ini
diekspresikan dalam bentuk notasi tablatur. Strumming of Chords
didedikasikan oleh notasi spesial yang dikembangkan oleh komposer
komposer Italia dari abad 16 dan abad 17.
X. Abad ke-18
Pada
abad 18, kenaikan jumlah gitaris sama dengan jumlah komposer. Adapun
beberapa komposer yang terkenal pada saat itu antara lain; Johann Arnold
(1773-1806), Friedrich Baumbach (1753-1813), dan Johann ChristianFranz
(1762-1814). Aspek terpenting dalam musik gitar di Jerman pada abad ini
menggunakan instrumen gitar dalam variasi kombinasi “ensemble”. Contohnya; gitar dan Flute, gitar dan bass, gitar, biola dan bass.
Pemain pemain dan komposer komposer abad 18
Salah
satu komposernya adalah Trille Labarre, dia mengarang komposisi untuk
gitar solo, gitar dan biola, gitar dan nyanyian. Komposer lainnya
adalah; Antonie Lemoine (1763-1877) seorang “Virtuoso”
terkenal yang mengkomposisikan dan memainkan dengan biola. B. Vidal
berperan berperan sebagai pemain, guru dan komposer. Dia menulis Nouvelle Methode.
Gitar bersenar 6
Gitar
bersenar 6 merupakan inovasi yang berasal dari abad ke-18. Gitar
tersebut berasal dari Italia dan sangat digemari serta sangat populer.
Alasan alasanya adalah;
1.
Guitarra Battente dari Italia, yang muncul di akhir abad 17 dan di awal
abad 18, mengalami perubahan menjadi 6 senar. Dimana setiap senarnya
terdapat 2 senar (double-strings).
2. Tahun 1732, J.B.F.K Majer menciptakan tunning pada gitar bersenar 6.
3. Gitar bersenar 6 yang berasal dari Jerman, dibuat oleh Otto, dibuat berdasarkan metode Italia.
XI. Abad ke-19
Pada awal pertengahan abad 19, minat baru untuk instrumen ini dipusatkan di kota Vienna.
Kota Vienna sendiri menjadi pusat alat musik dan para musisi dari
seluruh eropa. Pertujukan pertunjukan musisi tersebut memberi dorongan
awal yang mana gitar menjadi suatu alat instrumen yang serius. Seperti
Mauro Giuliani (1780-1840) yang menginisiatifkan trend tour gitar untuk
para gitaris. Kemudian Fernando Sor gitaris asal Spanyol yang terkenal
di era Romantic Spanyol dan satu satunya serta gitaris pertama yang diundang oleh London Pihlharmonic Society.
XII. Abad ke-20
Adalah
abad dimana kita menjadi saksi terhadap perkembangan gitar yang tak
terduga drastis sebagai instrumen artistik untuk berekspresi. Juga
sebagai satu satunya abad yang menyambut gitar dipanggung konser. Ada 2 alasan dasar kepopularitasan gitar;
1. Diakari oleh fenomena yang terdapat di abad 20. Perkembangan teknologi revolusioner dan perkembangan komunikasi media massa
dan transportasi yang lebih cepat serta efisien adalah aspek aspeknya
terlihat. Radio, TV, industri rekaman, satelit komunikasi, transportasi
jet telah membantu memperlihatkan instrumen ini secara global. Musisi
dapat mengadakan konser diseluruh dunia dalam waktu yang singkat. Mereka
bisa mencapai penonton penonton yang jumlahnya besar, bukan hanya
penonton dipanggung konser tetapi juga penonton dirumah untuk
menyaksikan lewat televisi, mendengarkannya lewat radio dan melalui
rekaman rekaman (piringan hitam, kaset dan CD), juga melalui internet. Para komposer, pemain atau pendengar, menciptakan banyak kesempatan untuk membangkitakan minat bermain gitar.
2.
Walaupun tidak sedramatis sebelumnya bukan berarti tidak signifikan.
Ini adalah perluasan, konsekuen alami dari perkembangannya yang telah
terjadi diabad abad sebelumnya. Abad 19 diingat sebagai abad dimana
Francisco Tarrega (1852-1909) membawa teknik gitar pada sebuah titik
seni yang murni, yang telah siap menyambut kedatangan teknik modern. Para
pembuat gitar yang terkenal seperti Luthier Antonio Torres (1817-1892)
mengembangkan sebuah instrumen dengan sedikit variasi yang sampai hari
ini mampu diakui sebagai gitar. Even even yang penting ini telah
merealisasikan pentingnya peranan gitar diabad 20.
B. Jenis Gitar
Kegunaan amplifier pada gitar belum dipakai pada zaman ini. Amplifikasi mulai diperkenalkan pada gitar “Dobro” / gitar Resonator yang dimulai oleh Dopyera brothers, imigran Slovakia di Amerika. Mereka menemukan inovasi pada gitar apabila bahan gitar dibuat dari bahan metal dan ditambahkan lempengan logam (Pie Plate)
dengan ketebalan tertentu maka akan meningkatkan resonansi suara yang 2
kali lebih besar dan 2 kali lebih keras suaranya. Jenis gitar ini
diproduksi untuk dimainkan dengan musik orchestra dan menjadi sangat
populer pada tahun 1920-an dan 1930-an dikalangan musisi Blues dan Jazz.
Kemudian pada saat perang dunia ke-2 bahan dasar gitar “Dobro”
diganti menjadi kayu, untuk menggantikan bahan logam yang sangat mahal
harganya, hanya resonatornya saja yang masih menggunakan bahan metal.
Seiring dengan perkembangannya, gitar terus mengalami banyak inovasi sesuai dengan tuntutan penggunaannya. Akan tetapi musisi Country, Blues , dan Jazz mulai menciptakan berbagai jenis Tone dan Sound yang dapat dihasilkan oleh gitar dari tehnik seperti Bend, Sustain dan lain lain.
Variasi dari sound tersebut juga mendorong perkembangan dari musik Rock and Roll yang timbul di tahun 1950-an. Les Paul
adalah orang pertama yang bereksperimen dengan sound gitar elektrik
pada sekitar tahun 1940. Gitar elektrik pertama adalah berupa hollow-body / gitar kopong, kadang berupa 2 buah lubang suara berbentuk huruf S-Shaped pada bagian depan badan gitar. Pada tahun 1947 Paul Bigsby bekerja sama dengan Merle Travis mendesain solid-body gitar seperti gitar elektrik yang kita kenal sekarang. Leo Fender
seorang reparasi radio adalah orang pertama yang sukses memproduksi
secara masal gitar jenis ini. Sehingga terjadi persaingan antara gitar Fender dengan gitar Gibson buatan Les Paul sampai saat ini. Ada dua jenis gitar yang biasa kita ketahui antara lain :
The Pick Guitar dan The Finger-Style Guitar.
I. The Pick Guitar
The Pick guitar dimainkan dengan memetik senar dengan sebuah pick, dimana pick ini bentuknya bulat pipih seperti buah Almond yang terbuat dari tempurung penyu atau plastik.
Perbedaan gitar jenis ini adalah terdapat 2 buah lubang suara yang berbentuk S-Shaped pada badan bagian depan gitar. Senarnya terbuat dari kawat dan tersambung pada Tailpiece / ujung pengikat senar. Fingerboard / leher gitar berdekatan dan ditandai dengan garis besi / namanya Frets. Frets
merupakan tempat dimana jari tangan sebelah kiri menekan senar. Gunanya
untuk mempermudah bagi pemain untuk mencari not not dan bermain dengan
irama.
Sejak pertengahan dekade 30-an, Pick Guitar telah dibuat / diubah menjadi Electric Guitar dengan memasang Contact Microphone dibawah senar atau Pickups. Kemudian Pickup itu disambungkan dengan Loudspeaker. The Pick Guitar dan Electric Guitar yang paling sering digunakan dalam musik Jazz, band band dansa dan grup Rock.
Pada umumnya, gitar mempunyai jumlah dawai 6; lalu muncul gitar dengan 12 dawai yang lebih lazim digunakan dalam kancah musik country. Pada dekade 50-an, muncul gitar dengan dua neck (fretboard); yang satu berdawai 6 dan satunya berdawai 12 (seperti yang sering digunakan oleh John McLaughlin). Kemudian muncul pula gitar berdawai 7 (seperti yang biasa dipakai oleh Bucky Pizzarelli), bahkan muncul pula gitar berdawai 10. Elektrik gitar lalu berkembang; Solid-Body (seperti yang sudah dijelaskan diatas tanpa bunyi resonansi, hingga benar-benar suara elektrik) jenis gitar hollow-body dan semi-hollowed. Jenis elektrik gitar seperti itu lazim digunakan dalam kancah musik rock / pop. Jenis elektrik gitar tersebut pun berlanjut dengan penggunaan aneka macam sound effect.
Bagian dari Electric Guitar
Gitar
adalah unsur terpenting dalam sebuah band. Gitar yang kita kenal di
zaman sekarang ini mempunyai jenis dan bentuk yang beraneka ragam.
Tetapi yang akan kita bahas kali ini adalah inti dari bagian-bagian
guitar.
II. The Finger-Style Guitar
The Finger-Style Guitar dimainkan dengan memetik senar dengan jari jari. Senar senarnya terbuat dari Nylon, Sutera dan kawat. Gitar ini mempunyai satu lingkaran lubang suara. The Fingerboard mempunyai Frets seperti Pick Guitar tetapi lebih lebar. Banyak karya dari para maestro klasik, diantaranya Bach dan Chopin, telah diaransemen untuk gitar. Gitar, baik yang The Finger-Style Guitar ataupun The Pick Guitar, kerapkali menjadi favorit bagi penyanyi lagu lagu daerah. Sebuah bentuk musik gitar yang popular tapi sulit adalah Flamenco, tarian Gypsy Spanyol.
C. Bagaimana cara gitar dimainkan ?
Cara memegang gitar yang baik bagi pemula dapat diuraikan sebagai berikut;
1. Letakan gitar pada pangkal paha. Pegang gitar diantara jempol dan telunjuk tangan kiri.
2.
Tangan kanan diletakkan secara melingkar pada badan gitar, membawa jari
jari dekat ke senar. Tekan senar gitar pada papan pijit-leher gitar / FingerBoard sesuai dengan nada yang akan dibunyikan.
3. Senar senar dari Jenis The Finger-style Guitar
dipetik oleh jempol dan 3 jari yang pertama, saat mengiringi lagu lagu
jari telunjuk baik sendirian atau beserta jempol digunakan untuk memetik
mundur dan maju sepanjang satu waktu, dengan ujung Pick. Pemetikan dapat dilakukan baik dengan gerakan naik atau turun.
4. Latihlah kemampuan jari jari tangan kita untuk menekan senar (sesuai dengan nada yang diinginkan) sehingga nada yang dihasilkan terdengar sempurna.
Nama
nama dari senar senar dimulai dari yang paling tebal (terendah dalam
tangga nada) dan menuju ke yang paling tipis (tertinggi dalam tangga
nada) yakni E, A, D, G, B, E.
Pada permainan gitar kita mengenal tiga buah nada atau lebih yang dibunyikan secara bersamaan, yaitu Akor. Yang biasa dikenal dengan Grif. Biasanya Akor
digunakan untuk mengiringi lagu atau melodi. Setiap Akor mempunyai
bentuk dan corak yang berbeda sesuai dengan unsur unsur nada yang
membentuknya.
Untuk mempermudah membaca Akor pada sebuah tablatur, perhatikan dan hafalkan keterangan keterangan berikut ini;
Lambang Akor
M : Mayor
m : Minor
Dim(0): Diminished
7 : Dominant Seven
Aug/+ : Augmented
Sus : Suspended
Kode jari tangan kiri; jari jari yang digunakan untuk menekan unsur nada sebuah Akor
1 : Telunjuk
2 : Jari tengah
3 : Jari manis
4 : Kelingking
Tanda Kromatik
b : Nada diturunkan setengah nada, dibaca Mol atau Plat.
# : Nada dinaikkan setengah nada, dibaca Kruis atau Sharf.
Tanda pada Senar
Kotak hitam : Nada dasar (Root).
Lingkaran : Senar dibunyikan tanpa dipijit.
Lingkaran hitam : Senar dibunyikan dengan dipijit.
Tanda silang : Senar mati, tidak dibunyikan (Dead String).
Angka Romawi; (I, II, III, IV, V dan seterusnya) menunjukkan kolom gitar.
Penggunaan
akor pada sebuah lagu harus disesuaikan dengan nada nada atau melodi
lagu yang akan dimainkan. Biasanya, seorang pemula akan menghadapi
kesulitan mencari akor yang sesuai dengan nada atau melodi sebuah lagu.
Untuk melatih keterampilan penggunaan akor pada tangga nada mayor, sebagai berikut;
1 2 3 4 5 6 7 1 : Tangga nada
I II III IV V VI VII VIII : Kode penggunaan akor
C Dm Em F G Am B C : Jenis akor
Jika
akor C, Dm, Em, F, G, Am, B0 dan C dibunyikan secara berurutan, akan
menghasilkan nada nada yang sesuai dengan tangga nada C = do. Jenis akor
yang digunakan sebagai berikut;
C 1 : akor mayor
Dm 2 : akor minor
Em 3 : akor minor
F 4 : akor mayor
G 5 : akor mayor
Am 6 : akorminor
B0 7 : akor diminished
C 8 : akor mayor
Akor pokok adalah akor yang selalu digunakan untuk mengiringi sebuah lagu. Pada tangga nada mayor diatas, yang termasuk kedalam akor pokok adalah
akor I, IV dan V (C, F dan G). Buktinya akor C yang digunakan pada lagu
lagu yang bernada dasar C = do, selalu disertaidengan akor F dan akor
G.
Akor Bantu
dapat disisipkan untuk memperindah komposisi sebuah lagu. Akan tetapi,
keberadaannya tidak mutlak. Penggunaan akor bantu disesuaikan dengan
kebutuhan keindahan sebuah lagu.
Berikut ini akor Bantu pada tangga nada mayor dengan nada dasar C = do;
II III VI VII : Kode penggunaan akor
Dm Em Am B0 : Jenis akor
Untuk melatih keterampilan penggunaan akor pada tangga nada minor, sebagai berikut;
I II III IV V VI VII VIII : Kode penggunaan akor
Am Bo C Dm Em F G Am : Jenis akor
Jika
akor Am, Bo, C, Dm, Em, F, G dan Am dibunyikan secara berurutan, akan
menghasilkan nada nada yang sesuai dengan tangga nada Am. Jenis akor
yang digunakan sebagai berikut;
Am I : akor minor Em V : akor minor
B0 II : akor diminished F VI : akor mayor
C III : akor mayor G VII : akor mayor
Dm IV : akor minor Am VIII : akor minor
0 komentar:
Posting Komentar