Beberapa aliran dalam seni Sulap



Mentalism
Kemahiran yang merupakan kekuatan spesial untuk dapat memprediksi, menemukan, mengubah, menggerakkan, mempengaruhi, dll, suatu benda/ orang lain, sering kali
berdasarkan prinsip matematik, fisika, kimia, psikologis dan dapat dijelaskan secara logis. 
Pesulap yang terkenal dalam bidang ini: Deddy Corbuzier, Criss Angel, Max Maven, Derren Brown, Uri Geller,Richard Osterlind, Joe Sandy, Denny Darko, Derren Brown dan masih banyak lagi yang beraliran Mentalism.



Escapology
Escapology adalah pertunjukan sulap yang mengkhusukan diri dengan pertunjukan sang pesulap melepaskan diri dari jeratan atau kurungan. Misalkan sang pesulap dimasukan ke dalam tabung berisi air sambil dirantai. Setelah tabung ditutup kain, sekian menit kemudian setelah suasana mulai tegang sang pesulap tahu-tahu sudah bebas. Pesulap tipe ini yang sangat terkenal adalah Harry Houdini. Salah satu pesulap the Master namanya Angelina Zhi juga pernah mempraktekan tipe pertunjukan escapology ini. Jeratan yang ia gunakan adalah jeratan baju yang biasa dikenakan pada orang gila di Rumah Sakit Jiwa.


Illusionist 
adaLah kemahiran menggunakan peralatan sulap untuk membuat efek yang mustahil menjadi benar terjadi, misalnya memotong tubuh manusia, menghilangkan, memindahkan, memunculkan, atau mengubah suatu benda yang berukuran besar, contohnya pesawat, tank, atau bus.
Pesulap yang terkenal dalam bidang ini: Lance Burton, David Copperfield, Derren Brown, Criss Angel, Harry Blackstone Sr., Harry Blackstone Jr., Demian Aditya, Ferditya Nugraha.




Cardician
adalah kemahiran memainkan kartu untuk menemukan kartu yang dipilih orang lain, memanipulasi kartu, mengubah kartu, dan trik-trik kartu lainnya. Pesulap yang terkenal dalam bidang ini: Criss Angel, Michael Ammar, Jay Sankey, Jeff McBride, David Blaine, Ed Marlo( Edward Malkowski), Cardini (Richard Pitchford), Dai Vernon, Abu Marlo, Faro, Lance Burton.


 Mathemagic
Adalah sulap yang memperlihatkan seolah-olah memiliki kemampuan matematika/ hitungan yang sangat pintar dan cepat.Di Indonesia sulap seperti ini bisa diperlihatkan di pertunjukan Joe Sandy yang terkenal dengan magic Squarenya. Pesulap yang terkenal dalam bidang ini: Joe Sandy, Arthur Benjamin, Martin Gardner. 


Bizarre
Kemahiran menggunakan cerita dan kata-kata untuk menyentuh perasaan penonton secara mendalam. Acapkali menggunakan peralatan2 yang berkaitan dengan efek-efek mistis , fantasi dan horror pada pertunjukannya. Kekuatan sulap ini terletak pada ceritanya.
Pesulap yang terkenal dalam bidang ini: Demian Aditya(dulu), Criss Angel, Brian Brushwood



Ventriloquism
lebih dikenal dengan ‘sulap suara’ atau ‘suara perut’, yang menimbulkan kesan benda mati dapat hidup dan berbicara. Sebagai perantara biasanya digunakan media boneka.
Budi Ha-Ha,Mr. Robbin, Jeff Dunham, Paul Winchell, Charlie McCarthy, Edgar Bergen, Terry Fator, Dan Horn.


Pick Pocket
adalah kemahiran ‘memindahkan’ atau engambil barang yang dimiliki atau dipakai orang lain. Pesulap yang terkenal dalam bidang ini: Bow Vernon, Eddie Joseph, James Freedman, James Harrison.


Close-Up Magic
Adalah sulap yang dilakukan dengan jarak yang sangat dekat. Harus pintar-pintar menyembunyikan kecepatan tangannya dengan baik agar rahasia sulap tidak terungkap.Digemari karena tidak memerlukan alat yang besar, melainkan menggunakan alat-alat sehari-hari yang mudah didapat
Pesulap yang terkenal dalam bidang ini: Dai Vernon, Decky San, Doug Henning, Michael Ammar, James Brown.



Sleight of Hand
 adalah permainan yang mengandalkan kecepatan tangan pesulap untuk menghilangkan dan memunculkan suatu bendA, meManipulasi jumlah bahkan ukuran benda. Pesulap yang terkenal dalam bidang ini: Dai Vernon, Decky San, Doug Henning, Michael Ammar, James Brown.


Balloon Twisting
Kemahiran meniup dan menekuk balon untuk dibentuk menjadi berbagai macam benda seperti binatang, bunga, topi, dll. 


Fakir Magic 
adalah aliran yang konon berasal dari India dimana sang pesulap seolah mempunyai sebuah kekuatan supernatural. Dia bisa tahan terhadap goresan pedang atau benda tajam lain. Tiduran di atas paku dan trik aneh lainnya.

 
Online Magic
Sulap modern dimana pesulapnya adalah menggunakan program computer atau media elektronik lain. Biasanya trik yang digunakan hanyalah ilusi mata saja


HYPNOTISM
adalah kemampuan memengaruhi prang lain menggunakan kata-kata yang teratur dan diucapkan berulang-ulang (sugesti) agar orang tersebut mau mengikut kemauan si penghipnotis. Dalam sulap, hipnotis digunakan untuk menghibur bukan untuk kejahatan. Contoh pesulap yang populer dengan aliran hipnotis adalah Romy Rafael. 

0 komentar:

Copyright © / Sanin Gevano Arkadiya

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger